Harga Beda Tipis, Apa Bedanya iPhone 13 dan 14!

Demi memberikan yang terbaik untuk penggemar setia iPhone, diluncurkan beragam series terbaru iPhone yang di dalamnya telah disematkan beberapa inovasi terbaru yang tentu saja ditunggu-tunggu. Belum lama setelah meluncurkan iPhone series 13, kabarnya iPhone 14 akan segera muncul. Lalu, apa bedanya iPhone 13 dan 14 dari segi harga dan spesifikasi yang ditawarkan?

Sejak Mei, telah beredar kabar bahwa iPhone 14 akan segera rilis di antara kuartal akhir tahun 2022 ini. Banyak yang penasaran apa lagi sih inovasi terbaru Apple yang disematkan dalam series terbarunya kali ini? Kabarnya, perbedaan yang paling mencolok dari series 13 dan 14 adalah dari segi desainnya yang terlihat berbeda jauh! Simak di Wartakan.id bawah ini apa saja perbedaan iPhone 13 dan 14!

Apa Bedanya iPhone 13 dan 14 Dari Segi Spesifikasi Hingga Desain?

Apa bedanya spek iPhone 13 dan 14? Perbedaan mencolok terlihat sangat banyak antara generasi 13 dan 14 yang baru akan diluncurkan di penghujung tahun 2022. Tidak hanya dari segi spesifikasi saja, banyak pengguna yang bertanya-tanya apa bedanya prosesor iPhone 13 dan 14? Dirilis dalam seri baru, tentu saja akan lebih banyak kecanggihan yang lebih modern dibandingkan seri 13.

Perbedaan Segi Desain dan Kamera

Berbeda dari iPhone 13 yang mempunyai notch, desain untuk seri terbaru yang akan dirilis nanti akan membuang keberadaan notch. Fantastisnya lagi, desain kamera yang menonjol pada iPhone 13 juga akan dihilangkan.

Sehingga, iPhone 14 akan mengusung desain lebih slim dan ringkas karena kamera akan didesain dengan sensor dan rata dengan casing-nya! Selain beberapa hal tersebut, desain seri terbaru ini bisa dikatakan hampir mirip dengan body keseluruhan iPhone 13. Hanya saja kamera iPhone 14 diusung dengan dual kamera saja, yaitu kamera utama dan ultrawide.

Baca juga HP Oppo Yang Mirip iPhone

Kabar baiknya, kualitas kamera utama iPhone 14 sangat berbeda, dari 12 MP pada series 13, menjadi 48 MP sehingga akan ada peningkatan signifikan dalam hal resolusinya. Series terbaru ini juga akan dibekali zoom dengan mode periskop dan optic yang lebih besar sehingga lebih baik dari sekadar zoom optic hingga 3x yang diusung oleh iPhone 13 series.

Perbedaan Spek dan Prosesor

Ada beberapa desas-desus terkait apa bedanya prosesor iPhone 13 dan 14. Dikabarkan, varian terbaru yang akan dirilis nanti akan menyematkan prosesor yang mampu memberikan performa jauh lebih tinggi. Bagaimana tidak? Dengan chipset super yaitu A16 Bionic, varian iPhone 14 Pro Max dan iPhone 14 akan mempunyai harga jual yang tinggi.

Chipset A16 Bionic tentu berbeda jauh dengan chipset yang tersemat di iPhone 13, di mana pada varian tersebut, masih tersemat seri A15 Bionic yang lebih rendah daripada A16 Bionic chipset. Hal ini tentu tidak mengagetkan mengingat iPhone memang mempunyai kebiasaan melakukan upgrade chipset tiap kali meluncurkan seri terbarunya.

Namun untuk mendapatkan varian chipset terbaru, pengguna harus membeli paling tidak seri Pro dan Pro Max-nya. Seperti rencana iPhone 14 yang akan luncur dengan jumlah series yang lebih banyak dari biasanya. Dikabarkan, iPhone 14 akan rilis dengan sekaligus 4 jenis seri, yaitu iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 ProMax.

Prosesor terbaru A16 Bionic tersebut mampu memberikan peningkatan performa hingga mencapai 11% daripada series 13. Tidak sebatas itu saja, terdapat pula peningkatan efisiensi penggunaan daya hingga mencapai 12% lebih besar daripada series iPhone 13. Apalagi, seri terbaru ini mengusung sensor Touch ID di dalam layar.

Refresh Rate dan Resolusi Layar

Refresh Rate dan resolusi layar menjadi jawaban dari apa bedanya iPhone 13 dan 14 yang selanjutnya. Pada iPhone 13 dan series 14, resolusi layar yang diusung ternyata sama persis, yaitu menggunakan Super Retina XDR OLED dengan 1170 x 2532 pixel dan 460 ppi.

Sementara ada perbedaan pada material bodi yang digunakan. iPhone 13 mengandalkan stainless steel, dan iPhone 14 mengandalkan titanium. Ada pun refresh rate yang disajikan series 14 jauh lebih gahar, yaitu mencapai 120 Hz dengan ProMotion Display yang tersedia di seri Pro dan Pro Max, angka yang jauh lebih tinggi dari series 13 yang mentok di 60 Hz saja.

Ini lah beberapa penjabaran dari pertanyaan apa bedanya iPhone 13 dan 14 yang selama ini menjadi hal yang ingin diketahui oleg para pengguna setia iPhone. Tidak jadi diluncurkan pada bulan September, series terbaru ini akan segera diluncurkan di penghujung tahun 2022. Segera rencanakan pilihan warna yang akan dipilih karena iPhone 14 menyediakan opsi warna hitam, merah, hijau, gold, putih, dan biru.