10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi di Bawah Naungan OJK

kataku.id – Di zaman serba canggih seperti sekarang, orang-orang mulai dihadapkan dengan beberapa platform yang menawarkan layanan pinjaman online atau biasa disebut pinjol. Layanan ini sebenarnya memang bisa membantu orang, tapi maraknya pinjol ilegal juga cukup meresahkan. Oleh sebab itu dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa aplikasi pinjaman online resmi yang diawasi langsung oleh OJK [Otoritas Jasa Keuangan].

Otoritas Jasa Keuangan [OJK] adalah sebuah lembaga yang dibentuk negara agar bisa mengawasi setiap kegiatan yang berkaitan dengan keuangan, termasuk semua perusahaan penyedia pinjaman online. Kemunculan lembaga ini sanggup melindungi masyarakat dari oknum jahat yang memainkan fintech [financial technology].

Aplikasi Pinjaman Online Resmi

Ketika memerlukan uang cepat, maka solusi yang bisa ditawarkan ialah dengan pinjaman online. Namun kamu perlu bijak saat memilih aplikasi pinjol terbaik supaya tak terjebak dengan modus penipuan.

Harus diingat untuk mendapat pinjaman terbaik yang cocok dengan keperluan, pastikan perusahaan fintech memberikan bunga rendah. Pastikan juga layanan itu sudah terdaftar ke OJK agar terhindat dari modus penipuan dari perusahaan ilegal.

Nah, untuk kamu yang tengah mencari aplikasi pinjaman online resmi, berikut ini kami berikan rekomendasinya.

10 Aplikasi Pinjaman Online Resmi dari OJK dan Terpercaya

Layanan pinjol di tanah air ada banyak sekali dan mempunyai keunggulan yang berbeda-beda dari tiap platform. Sebelum memilih untuk mengajukan pinjaman online, kamu tentunya perlu memperhatikan besaran bunga yang dibayarkan selain uang pokok yang disetorkan.

Berikut ini adalah rekomendasi pinjol yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan sebelum meminjam uang secara online:

Kredivo

Aplikasi pinjol pertama yang kami rekomendasikan adalah Kredivo yang sudah terdaftar resmi di OJK. Aplikasi ini menawarkan pinjol dengan limit maksimal Rp30 juta dan dapat dilunasi kapanpun. Kamu bahkan bisa mendapatkan bunga 0% apabila mampu mencicilan kredit dengan kurun 3 bulan.

Disamping itu juga, kamu dapat menggunakan fitur ‘Buy Now Pay Later’ supaya bisa melakukan belanja online di beberapa merchant yang telah bekerjasama dengan pihak Kredivo. Berbagai merchant tersebut diantaranya adalah Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Tiket.com, Erafone, IKEA, McDonald’s, Electronic City, dan banyak lagi lainnya.

Kemudian syarat mengajukan pinjaman online tergolong mudah, yakni minimal kamu harus memiliki penghasilkan Rp3 juta /bulan, mencantumkan foto diri, KTP serta NPWP bagi akun premium.

Akulaku

Aplikasi pinjaman online resmi kedua adalah Akulaku. Aplikasi ini merupakan platform keuangan dan perbankan digital yang memperkuat ekosistem keuangan didalam satu aplikasi saja. Kamu dapat memakai fitur pinjaman uang lewat fitur pinjaman cash dengan 2 pilihan. Pertama adalah pinjaman tunai yang didalamnya ada KTA Asetku dan Dana Cicil.

Kamu diharuskan mempunyai riwayat memakai aplikasi ini lebih dulu agar bisa memakai fitur Dana Cicil. Sementara itu untuk KTA Asetku, pengguna dapat meminjam dana dengan proses yang cukup cepat. Pengguna dapat menyesuaikan sistem pelunasan kredit mulai 1 sampai 12 bulan.

Syaratnya, pengguna wajib menyetorkan nomor rekening beserta data pribadi seperti email dan nomor ponsel untuk proses verifikasi. Kedua, kamu dapat memakai fitur kredit pembelian barang semisal laptop, hp, dan lain-lain. Selain 2 fitur tadi, kamu bisa memanfaatkan fitur Akulaku Paylater.

Fitur ini sudah terdaftar resmi di OJK. Akulaku Paylater adalah anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia atau APPI. Sedangkan untuk mendaftar sebagai akun baru, kamu langsung mendapatkan saldo kredit hingga Rp25 juta.

Julo

Julo memberikan pinjaman online dengan masa cicilan sampai 9 bulan serta maksimal uang pinjaman senilai Rp15 juta dan paling sedikit Rp500 ribu. Disamping itu juga, Julo punya penawaran keren lainnya, yakni kamu akan mandapat cashback ketika membayar cicilan sampai undian berhadiah di setiap bulan. Selain sebagai aplikasi pinjaman online resmi, Julo menawarkan sejumlah fitur dompet serta pembayaran secara digital.

Sementara itu, syarat untuk mengajukan pinjol melalui Julo ialah kamu harus berusia 21 hingga 60 tahun, memiliki penghasilan paling sedikit Rp2 juta /bulan, domisili Indonesia, dan memakai perangkat Android selama bertransaksi.

Indodana

Indodana menawarkan layanan paylater, cicilan non artu kredit, dan pinjaman tunai. Pada tahun 2018 lalu, aplikasi pinjaman online resmi ini terdaftar di OJK dan bergabung dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia [AFPI].

Seperti halnya Kredivo, Indodana menawarkan cicilan bunga 0% apabila pengguna memilih masa cicilan tiga bulan. Aplikasi ini memberi kebebasan masa cicilan sampai 12 bulan. Disamping itu juga, kamu dapat melakukan pinjaman uang mulai Rp1 juta sampai Rp12 juta.

Sedangkan syarat transaksi disini cukup mudah, setidaknya kamu harus berumur 20 tahun serta maksimal 55 tahun ketika pelunasan, kemudian domisili di kawasan Indodana. Kamu akan dimintai foto diri, KTP, dan mempunyai akun bank [khusus pinjaman tunai].

Tunaiku

Berdiri pada 2014 silam, aplikasi Tunaiku menawarkan pinjaman online dengan masa cicilan lebih lama ketimbang pesaingnya, yakni mulai 6 sampai 20 bulan. Kamu dapat meminjam uang mulai Rp2 juta hingga Rp20 juta saat menggunakan Tunaiku ini.

Kemudian pencairan pinjaman tergolong cepat, yakni dengan menunggu persetujuan sampai 1x 24 jam. Selanjutnya kamu baru akan menandatangani kontrak 1 hingga 3 hari setelahnya. Tapi, apabila kamu terlambat membayar cicilan itu, maka akan diberi biaya keterlambatan senilai Rp150 per bulan.

Agar dapat menggunakan aplikasi pinjaman online resmi satu ini, usia kamu minimal harus 21 hingga 55 tahun, Warga Negara Indonesia, punya rekening bank, domisili di daerah Tunaiku, alamat KTP, dan memiliki penghasilan.

Kredit Pintar

Sama seperti Indodana, aplikasi Kredit Pintar muncul pada 2017 lalu. Kredit Pintar memberikan pinjaman secara online dengan bunga lumayan rendah, yakni tidak lebih 11%. Kamu dapat meminjam uang sampai Rp20 juta kemudian mencicilnya mulai 91 hari hingga 360 hari.

Kamu dapat memperoleh pinjaman kurang dari 1x 24 jam apabila sudah mendapatkan persetujuan dengan syarat menyertakan KTP, berusia lebih dari 18 tahun, dan memasukkan data diri dengan baik. Cocok sekali untuk kamu yang membutuhkan dana cepat.

Rupiah Cepat

Selain sudah terdaftar resmi di OJK, aplikasi Rupiah Cepat adalah anggota AFPI layaknya Indodana. Layanan pinjaman online ini memberikan masa cicilan mulai 91 hari hingga 365 hari.

Boleh di bilang bahwa aplikasi ini punya syarat pengajuan pinjaman termudah. Kamu hanya tingga memenuhi usia lebih dari 18 tahun, memiliki rekening bank, dan memiliki KTP. Hanya saja besaran pinjaman yang di berikan terbilang rendah ketimbang aplikasi pinjaman online resmi lainnya, yakni mulai Rp400 ribu hingga Rp10 juta saja.

Dompet Kilat

Pinjaman online berikutnya ialah Dompet Kilat. Keunggulan yang di miliki daripada pinjol lain adalah banyaknya opsi jenis pendanaan yang di butuhkan. Mulai bantuan pelunasan butang, modal wirausaha, kredit motor, biaya renovasi rumah, biaya pengobatan, biaya pernikahan, biaya hidup, sampai biaya pendidikan.

Untuk kamu yang berusia di atas 18 tahun, memberikan bukti penghasilan dan memiliki KTP dapat mengajukan pinjaman.

Beberapa fitur Dompet Kilat di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Bunga kompetitif, yakni 0.1% per hari.
  • Pencairan dana cepat, tidak lebih dari 10 menit.
  • Tenor pinjaman hingga satu bulan.
  • Plafon pinjaman sampao Rp2 juta.

DanaBijak

Produk yang di berikan DanaBijak ialah Kredit Tanpa Agunan [KTA] yang ada di bawah manajemen PT Digital Micro Indonesia yang berada di Jakarta. Aplikasi ini juga sudah terdaftar di OJK dan terbukti bisa cair dengan waktu yang cepat. Peminjam yang bagus akan di beri poin agar bisa naik level. Apabila level tersebut semakin tinggi, maka akan semakin besar juga besaran pinjaman serta semakin rendah bunga yang di berikan.

Agar bisa mengajukan peminjaman di DanaBijak, kamu perlu menyiapkan rekening tabungan selama tiga bulan terakhir dan file E-KTP yang sudah di scan. Di samping itu juga, kamu harus mengupload foto sebagai pelengkapnya dan harus mempunyai pendapatan paling sedikit Rp2.5 juta /bulan.

Beberapa fitur DanaBijak:

  • Dana di cairkan di hari yang serupa dengan hari persetujuan pinjaman.
  • Pemrosesan pinjaman bisa 48 jam.
  • Bunga sebesar 7%.
  • Tenor pinjaman 7 hingga 30 hari.
  • Jumlah maksimal pinjaman di awal adalah Rp3 juta.

PinjamanGo

Aplikasi ini merupakan produk pinjaman yang berbasis teknologi finansial [fintech] dari Sinar Mas. PinjamanGo bisa mempertemukan peminjam serta pemberi pinjaman di suatu platform online kemudian memberi layanan keuangan yang bisa di nikmati seluruh masyarakat.

Setelah itu, semua proses peminjaman di lakukan dengan di gital sehingga bisa menghemat waktu sekaligus menghasilkan uang yang terjangkau bagi para pengguna.

Fitur yang di berikan PinjamanGo di antaranya adalah:

  • Pelunasan mudah, dapat langsung meminjam kembali.
  • Suku bunga 0.8% per hari.
  • Tenor pinjaman sampai 14 hari.
  • Jumlah pinjaman sampai Rp6 juta.

Tips Melihat Apakah Pinjaman Online Sudah Terdaftar di OJK

Agar bisa memastikan aplikasi pinjaman online itu ilegal atau legal, kamu bisa melihatnya lewat beberapa platform OJK, mulai e-mail, nomor telepon, Whatsapp, hingga situs resminya.

Di bawah ini adalah beberapa tips melihat apakah pinjaman online itu ilegal atau resmi yang bisa di lakukan:

Lewat E-Mail

Cara pertama melihat aplikasi pinjaman online resmi atau tidak ialah bisa lewat e-mail. Pemeriksaan legalitas pinjaman online bisa di lakukan juga dengan mengontak alamat OJK, yakni [email protected].

Nomor Telepon

Cara kedua ialah menghubungi lewat nomor telepon resmi OJK. Orang-orang bisa melakukan cek pinjaman online dengan cara menghubungi OJK, yakni di nomor 157.

WhatsApp OJK

Kamu bisa menyimpan nomor kontak resmi milik OJK, yaitu 081157157157. Kamu bisa membuka aplikasi chatting Whatsapp serta buka kontak tersebut yang sudah di simpan.

Kirimkan pesan menggunakan format nama aplikasi pinjaman online yang akan kamu cek. Tunggu sebentar sampai pihak OJK memberi jawaban secara otomatis mengenai status legalitasi dari aplikasi tersebut.

Situs Resmi OJK

Tips terakhir bisa melalui situs resmi OJK, kamu bisa membuka situs www.ojk.go.id, kemudian klik menut IKNB, serta pilih Fintech di pojok kanan bawah. Kemudian halaman itu bakal menunjukkan daftar penyelenggara fintech lending yang berizin OJK.

Itulah dia rekomendasi aplikasi pinjaman online resmi yang sudah diawasi langsung oleh OJK. Ingatlah bahwa kamu harus bijak saat meminjam uang. Ajukan pinjaman apabila memang ada kebutuhan mendesak atau penting yang harus di penuhi. Jangan sampai meminjam uang untuk gengsi dan kesenangan semata. Terima kasih.