Sangat Mudah, Ini Cara Melihat Aplikasi Yang Disembunyikan di iPhone!

Menghidden satu atau lebih apps pada iPhone dimaksudkan supaya bila ada pihak peminjam smartphone, maka mereka tidak mengetahui apps yang bersifat privacy. Namun tak sedikit yang akhirnya tidak tahu cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone dan mengembalikan seperti semula.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menemukan aplikasi tersembunyi di iPhone sebelum user memutuskan menyembunyikannya! Jangan sampai terlanjur melakukan hidden apps tapi tak mengetahui cara mengembalikan apps tersebut ke beranda atau home screen. Apalagi bila apps yang disembunyikan ternyata sangat penting dan sering digunakan. Mari simak secara mendetail di Wartakan.id.

Cara Melihat Aplikasi yang disembunyikan di iPhone Dengan Mudah

Menyembunyikan aplikasi ternyata menjadi tools yang cukup membantu banyak orang. Pasalnya, dalam kegiatan sehari-hari, smartphone yang kita miliki tidak jarang dipinjam sebentar oleh orang lain. Ada beberapa orang dengan karakter ingin tahu yang kuat sampai melanggar privasi, sehingga sangat berisiko apabila orang tersebut tahu apps penting yang dimiliki serta mencuri data pribadi pemilik perangkat tersebut.

Dengan menyembunyikannya, maka ikon apps terkait tak lagi muncul dalam tampilan menu homescreen atau dalam beranda, bahkan tak dapat dijumpai dalam list purchased yang ada. Apps tersebut juga hanya bakal terlihat dalam history purchased dan tidak dapat dilakukan download ulang oleh anggota family apabila tools Keluarga Berbagi diaktifkan. Apps tersebut juga mustahil untuk dihapus permanen.

Melalui App Store, Tanpa Perlu Unduh Atau Membeli Ulang

Tidak perlu merasa panik terlebih dulu, jika pengguna terlanjur melakukan hidden atau penyembunyian terhadap beberapa aplikasi dan tidak tahu bagaimana sih cara mengembalikannya, pengguna tidak perlu buru-buru membeli ulang apps tersebut agar bisa mengaksesnya kembali. Pengguna hanya perlu mengakses App Store dan klik pada profile account atau avatar profile yang tertera di bagian teratas layar Anda.

Kemudian, ketuk pada bagian ID dan nama Apple, terapkan mask ketika penggunaan ID Apple, lalu terus skrol ke bawah sampai Anda menemukan tulisan Pembelian Tersembunyi. Ketuk menu tersebut, kemudian carilah apps yang akan Anda tampilkan. Tunggu proses pengunduhan berjalan sempurna. Selanjutnya, kembali ke laman utama App Store dan lakukan refresh atau perbarui pada layar.

Setelah berhasil dilakukan pembaruan pada tampilan layar, Anda dapat kembali mengetuk menu profile avatar di sudut atas bagian kanan dan input ID beserta kata sandi Apple account Anda. Skrol terus ke bagian paling bawah hingga menjumpai menu dengan tulisan Pembelian Tersembunyi. Ketuk menu tersebut dan lihat apakah apps terunduh yang dimaksud sudah tampil atau belum.

Melalui Library

Cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone selanjutnya adalah melalui App library. Perlu diketahui, semua apps yang sengaja disembunyikan akan tertampung ke dalam App Library. Meskipun tidak tampil di home screen dan kumpulan Apps pada menu beranda, apps tersebut bisa ditemukan tanpa kesulitan karena tinggal mengakses App Library saja.

Baca juga Cara Mematikan Iphone Agar Baterai Sehat

Cara menemukan aplikasi tersembunyi di iPhone lewat Library yaitu dengan mengusap layar Anda dari arah kanan menuju ke arah kiri. Gunanya adalah untuk membuka akses menuju App Library. Jika belum muncul juga, ulangi pengusapan kanan menuju kiri pada layar utama iPhone tersebut. Setelah itu, ketikkan nama apps yang ingin dimunculkan melalui kolom search yang ada di App Library.

Cara tersebut sangat mudah dan cepat karena hanya tinggal mengetik nama Apps yang dimaksud di kolom pencarian. Pastikan tidak ada salah ketik atau typo sehingga proses pencarian bisa langsung ditemukan hasilnya. Jika sudah ditemukan, apps tersebut bakal otomatis muncul pada tampilan layar. Anda hanya perlu mengetuk dan hold sekian detik pada ikon apps tersebut.

Setelah itu, apps akan kembali terlihat di beranda atau home screen iPhone tanpa susah payah. Jika terjadi kendala tidak muncul di beranda, Anda dapat mengambil langkah dengan hold dan geser ikon apps ke kiri. Lalu cek kembali pada home screen atau beranda pada layar iPhone Anda, apakah apps yang dimaksud sudah muncul atau belum.

Cara yang terakhir di atas terbilang lebih mudah daripada cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone yang lainnya. Namun tidak perlu khawatir, tidak semua pengguna iPhone sadar bahwa aplikasi yang di-hidden dapat diakses melalui menu App Library dengan mudah. Trik-trik yang dibahas ini dapat pengguna pelajari serta coba dengan mempraktikkan contoh apps yang tak terlalu penting dan sering digunakan.

Jika berhasil melakukan uji coba penyembunyian dan pemunculan kembali apps tersebut, Anda bisa mulai melakukan ke beberapa apps sekaligus yang dirasa perlu. Demikian lah beberapa cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone dengan mudah dan tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan yang merepotkan. Semoga berhasil!