Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total dijamin Berhasil!

Kesalahan penggunaan dan beberapa kebiasaan buruk bisa menyebabkan usia iPhone menjadi pendek dan mudah rusak hingga mati total. Ketahui penyebab iPhone mati total dan cara menghidupkan iPhone yang mati total di sini! Jangan asal mengikuti langkah-langkah perbaikan karena berisiko memperparah kerusakan iPhone kesayangan Anda.

Supaya proses perbaikan berhasil, ketahui lebih dahulu apa saja penyebab mengapa perangkat smartphone Anda tiba-tiba mati dan tak mau menyala. Untuk mengetahui cara menyalakan iPhone yang mati total secara tepat, Anda harus mengetahui penyebabnya karena masing-masing penyebab iPhone mati total tentu saja mempunyai cara perbaikan yang berbeda-beda.

Penyebab dan Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total

Penyebab iPhone mati total dan tidak lagi bisa dihidupkan karena masa pakai baterainya sudah habis. Seiring tahun, battery health pada perangkat iPhone Anda tentu akan semakin berkurang atau menurun. Perangkat akan lebih mudah overheating atau panas karena baterai terbebani kinerja berat padahal kondisinya sudah tidak prima seperti awal baru dibeli.

Performa yang menurun seiring usia tentu berisiko menyebabkan iPhone Anda mati tiba-tiba dan tidak lagi mau dihidupkan kembali seperti biasanya. Pada umumnya, perangkat yang tidak bisa merespon perintah power on, tidak bisa menampilkan indikator charging ketika disambungkan dengan kabel charge, sehingga tidak ada cara untuk bisa membuat iPhone tersebut kembali menyala.

Kerusakan baterai bisa disebabkan kebiasaan pemakaian yang buruk, seperti dioperasikan sambil dilakukan charging, sering menggunakan perangkat hingga baterai yang tersisa kurang dari 20%, sering lupa mencabut charge setelah full 100%, hingga sering membiarkan perangkat dalam kondisi overheating sehingga perangkat iPhone Anda jadi lebih cepat rusak dan tidak awet. Jangan khawatir, berikut ini adalah cara menghidupkan iPhone yang mati total dan dijamin berhasil tetap di Wartakan.id :

Tekan Tombol dan Lakukan Restart

Cara menyalakan iPhone yang mati total yang paling umum dilakukan adalah dengan menekan dan tahan tombol power hingga 10-20 detik lamanya. Lakukan beberapa kali hingga layar iPhone Anda merespon, berkedip dan menunjukkan logo Apple. Apabila booting terproses secara normal dan baik, segera lakukan restart untuk mengembalikan kinerja normal fitur yang tersemat dalam iPhone.

Cara kedua dapat diikuti apabila tombol power saja gagal bekerja. Anda dapat mengupayakan langkah hold tombol power bersama-sama tombol Home kemudian tetap hold selama maksimal hingga mecapai 30 detik lamanya. Biasanya jika tak ditemukan permasalahan serius, iPhone tersebut dapat hidup dan memproses booting secara normal sehingga tak terdapat risiko lain yang perlu dikhawatirkan, misalnya penggantian part.

Ingat kembali supaya tetap lakukan restart jika langkah kedua ini mau bekerja pada perangkat iPhone Anda yang mati total. Perlu diingat pula, pastikan bahwa baterai tidak habis. Anda dapat melakukan charging beberapa menit sebelum melanjutkan cara hold tombol yang telah dijelaskan di atas. Dengan demikian, prosesor tetap kuat melancarkan proses booting sebab sisa daya yang dimilikinya memadai dalam mengcover keperluan daya supaya tetap bisa memberikan performa.

Restore Perangkat iPhone

Apabila langkah mengklik dan hold tombol-tombol yang dijabarkan sebelumnya ternyata gagal atau tak berhasil, tidak apa-apa. Masih bisa diatasi dengan cara menghidupkan iPhone yang mati total yang kedua nanti. Apabila pada cara pertama hanya mensyaratkan Restart secara sederhana tanpa menghapus data apapun, cara yang kedua dapat ditempuh melalui tindakan restore.

Restore atau reset factory dikenal juga dengan istilah mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik. Atau dalam kata lain, seluruh files berisiko hilang karena kembali ke settingan default seperti baru dibeli. Biasanya, ketika selesai reset factory, file atau cache tidak penting yang membebani kinerja prosesor akan dihapus sehingga prosesor bisa bernapas lega.

File-file mengandung virus yang diam-diam bersarang di perangkat Anda juga kemungkinan bisa terhapus otomatis dengan melakukan langkah reset factory. Cara untuk melakukan restore adalah dengan melakukan sinkronisasi perangkat dan click menu Restore pada pilihan fitur dalam iTunes. Apabila Anda kesulitan dalam mengakses iTunes, Anda bisa menggunakan konektor dock.

Caranya yaitu langkah penyambungan iPhone ke dock connector menggunakan USB cabel  original iPhone. Selanjutnya klik dan hold tombol Home sampai berlalu sekian detik. Selanjutnya baru sambungkan USB cabel tersebut menuju port di PC atau laptop. iTunes pun bisa terbuka, klik mode perbaikan dan apabila mungkin, segera pilih reset factory.

Langkah-langkah di atas merupakan cara menghidupkan iPhone yang mati total dan dijamin berhasil dengan catatan bahwa baterai yang dimiliki masih support untuk menunjang performa perangkat. Apabila battery Anda menolak diisi ulang atau sudah bocor, disarankan untuk segera mengganti part battery orisinil yang baru. Anda bisa ke konter servis resmi untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Selamat mencoba!