Site Statistics

  • Users online: 0 
11 April 2021

GERBANG INFORMASI EDUKASI

FTIP Unpad Ciptakan Smart Watering, Perangkat Hidroponik Pintar Tanpa Listrik

FTIP Unpad Ciptakan Smart Watering, Perangkat Hidroponik Pintar Tanpa Listrik
Penggunaan Smart Watering juga dinilai praktis. Prinsipnya, kata dia, adalah 'bertani tanpa ribet', sehingga tim berupaya menciptakan produk yang mudah digunakan dengan hasil yang optimal.
3 0

Tim mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran (Unpad) menciptakan inovasi Smart Watering, perangkat hidroponik pintar yang menggunakan prinsip self watering system tanpa energi listrik. Produk ini memanfaatkan gaya gravitasi, prinsip archimedes,dan kapilaritas.

Tim yang mengembangkan produk ini yaitu Diki Abdulah, Chaerul Amin, Shilvya Dewi Agustien, Annisa Nurdiah, dan Salma Waffiyah. Tim dibimbing dosen Sophia Dwiratna Nur.

Diki menjelaskan, selain hemat listrik, penggunaan Smart Watering juga diyakini dapat meningkatkan efisiensi dalam penggunaan air dan nutrisi. Produk ini dapat meminimalisasi proses penguapan dari media tanamnya, sehingga 100 persen air dan nutrisi akan diserap oleh tumbuhan.

BACA JUGA:

Penggunaan Smart Watering juga dinilai praktis. Prinsipnya, kata dia, adalah ‘bertani tanpa ribet’, sehingga tim berupaya menciptakan produk yang mudah digunakan dengan hasil yang optimal.

“Saat ini, Smart Watering sudah dipasarkan dan digunakan di berbagai daerah di Indonesia. Produk pun terus mengalami pengembangan,” ujar Diki mengutip siaran pers Unpad, Selasa (08/12/2020).

Smart Watering meraih Juara 2 Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Awards kategori Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) Sub Kategori Industri Teknologi yang diselenggarakan secara virtual, 4-5 Desember 2020.

“Alhamdulillah bangga banget. Apalagi ini acara bergengsi juga, diikuti oleh perguuran tinggi dari seluruh Indonesia,” ujar Diki.

KMI Expo merupakan kegiatan tahunan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tahun ini, penyelenggara menunjuk Universitas Agung Podomoro sebagai tuan rumah.

Ada sejumlah kegiatan yang diikuti pada acara tersebut. Di antaranya, presentasi di hadapan juri hingga pelaksanaan pameran yang dilaksanakan secara daring.

KMI Awards dibagi dalam 2 kategori, yaitu Kategori Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan kategori mmum. Setiap kategori terdapat enam subkategori, yaitu industri makanan dan minuman, jasa dan perdagangan, teknologi, industri, produksi/budidaya, dan digital.

Smart Watering masuk dalam kategori KBMI. Kategori ini diikuti oleh para peserta yang menerima dana dari program KBMI. Atas raihan prestasi ini, Diki dan tim berharap Smart Watering terus berkembang.

“Harapannya bisa berkembang lagi Smart Watering ini, dan bisa menjaring relasi dengan teman-teman¬† universitas lain. Jadi relasi kita bisa ke seluruh Indonesia,” ungkap Diki.***

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

error: Dilarang Copy Paste !!
LIVE OFFLINE
track image
Loading...