1 Desember 2020

GERBANG INFORMASI EDUKASI

Jika Tak Dihancurkan Asteroid, Dinosaurus Akan Dominasi Bumi

Jika Tak Dihancurkan Asteroid, Dinosaurus Akan Dominasi Bumi
"Jika tabrakan asteroid tidak pernah terjadi maka mereka mungkin tidak akan mati dan akan berlanjut mendominasi bumi,"
1 0

Penelitian terbaru mengungkap Dinosaurus bisa terus mendominasi Planet Bumi jika tidak punah akibat asteroid. Jika masih ada dinosaurus, perkembangan jumlah manusia bakal terhambat.

Setelah muncul selama periode Trias sekitar 230 juta tahun yang lalu, dinosaurus menempati setiap benua dan dominan di sebagian besar ekosistem terestrial. Dinosaurus mendominasi sampai mereka punah karena tabrakan asteroid 66 juta tahun yang lalu.

Beberapa ilmuwan percaya makhluk itu mulai kehilangan keunggulannya dan sudah menuju kepunahan ketika asteroid menghantam Bumi pada akhir periode Cretaceous akhir.

Namun para peneliti dari Universitas Bath di Inggris menggunakan teori ini untuk mengumpulkan data yang beragam dan mutakhir.

Para peneliti menggunakan analisis statistik untuk menilai apakah dinosaurus masih dapat menghasilkan spesies baru sampai mereka mati sebelum waktunya.

“Apa yang kami temukan adalah bahwa dinosaurus masih dominan, mereka masih tersebar luas dan masih tumbuh dengan baik,” kata Joe Bonsor selaku penulis utama studi tersebut, dalam sebuah pernyataan dilansir dari CNN, Kamis (19/11/2020).

“Jika tabrakan asteroid tidak pernah terjadi maka mereka mungkin tidak akan mati dan akan berlanjut mendominasi bumi,” lanjut Bonsor.

BACA JUGA:

Selama lebih dari 150 juta tahun dinosaurus di bumi, dinosaurus berevolusi menjadi banyak bentuk. Para ahli berpikir keragaman adalah kunci dominasi mereka di Bumi, dengan beberapa pelindung, gigi, dan bahkan bulu yang tebal.

Penelitian sebelumnya menunjukkan keragaman ini mulai menurun, dan dinosaurus mulai kehilangan dominasinya.

Tetapi penelitian yang diterbitkan Selasa di jurnal The Royal Society Open Science berpendapat penelitian awal mencapai kesimpulan ini dengan memodelkan pohon keluarga dinosaurus berdasarkan catatan fosil sebelumnya.

Peneliti University of Bath mengatakan setelah melihat lebih banyak kelompok dinosaurus, silsilah keluarga mereka yang lebih mutakhir dan terperinci menunjukkan dinosaurus di setiap benua pada kenyataannya berkembang. Misalnya hewan pemakan tumbuhan seperti hadrosaurus, ceratopsia dan ankylosaurus dominan di Amerika Utara, lalu abelisaur karnivora terus berkembang biak di Amerika Selatan.

“Poin utama dari apa yang kami katakan adalah kami tidak benar-benar memiliki cukup data untuk mengetahui apa yang akan terjadi pada dinosaurus (jika tidak ada hantaman asteroid),” ujar Bonsor.***

Radio internet Wartakan.ID yang juga dikenal sebagai web radio, net…

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
100 %

Site Statistics

  • Users online: 2 
error: Dilarang Copy Paste !!