Site Statistics

  • Users online: 0 
7 Desember 2021

GERBANG INFORMASI EDUKASI

Kecerdasan Buatan Ini Dapat Deteksi COVID-19 Melalui Batuk

Teknologi yang ditemukan oleh para peneliti MIT ini pada dasarnya mampu mengembangkan banyak jaringan saraf yang bisa membedakan perubahan halus yang mengindikasikan efek virus corona baru.
1 0

Saat ini, sudah ada beragam metode untuk mengetahui seseorang menderita Covid-19 atau tidak. Peneliti dari MIT baru-baru ini menciptakan sistem AI yang mampu mendeteksi Covid-19 hanya dari suara batuk.

Sistem kecerdasan buatan dari MIT atawa Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, ini juga diklaim mampu mendeteksi batuk penderita Covid-19, meskipun mereka tidak menunjukkan gejala.

BACA JUGA:

Melansir Engadget, teknologi yang ditemukan oleh para peneliti MIT ini pada dasarnya mampu mengembangkan banyak jaringan saraf yang bisa membedakan perubahan halus yang mengindikasikan efek virus corona baru.

Dalam penjelasannya, satu jaringan saraf mendeteksi suara yang terkait dengan kekuatan vokal. Sementara jaringan yang lain mendeteksi penurunan neurologis, seperti meningkatnya frustrasi. Jaringan saraf ketiga mengukur perubahan kinerja pernapasan.

Dengan serangkaian penghitungan algoritma yang memeriksa tekanan suara dari batuk, sistem AI ini mampu memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kesehatan seseorang.

MIT melaporkan, sistem ini bekerja sangat akurat dalam serangkaian pengujuan awal. Dalam uji coba kepada puluhan sampel suara batuk dan dialog, sistem AI ini berhasil mengenali 98,5% batuk dari orang yang menderita Covid-19.

Sistem tersebut juga terbukti mampu mendeteksi penderita tanpa gejala dengan akurasi 100%.

Walau menunjukkan hasil uji coba yang baik, pihak MIT menyampaikan, teknologi AI buatan mereka ini tidak bisa serta merta digunakan untuk mendiagnosis orang.

Para peneliti percaya, ada beberapa kondisi lain yang mampu menimbulkan model batuk yang serupa dengan kasus Covid-19.

Meski begitu, para peneliti tetap akan berupaya untuk menciptakan teknologi alternatif yang nantinya benar-benar bisa digunakan untuk mendiagnosis orang dengan lebih cepat dan praktis, hanya melalui smartphone masing-masing.***

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
100 %

error: Dilarang Copy Paste !!
LIVE OFFLINE
track image
Loading...