Site Statistics

  • Users online: 0 
11 April 2021

GERBANG INFORMASI EDUKASI

Kemendikbud Luncurkan 3 Buku Motivasi Untuk Mahasiswa

Kemendikbud Luncurkan 3 Buku Motivasi Untuk Mahasiswa
"Intinya bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan juga berupa panduan,"
0 0

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan tiga buah buku untuk mahasiswa. Tiga buku itu diharapkan dapat memotivasi mahasiswa di tengah pandemi Covid-19.

“Kita ingin menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang unggul, berdaya saing, produktif dan fleksibel pada era digital dan pandemi Covid-19,” ujar Sesditjen Dikti Paristiyanti Nurwardani dalam penjelasannya di webinar Peluncuran Buku IDCP, Buku NVCF dan Booklet Pembelajaran Daring, Rabu (09/12/2020).

Ketiga buku yang diluncurkan di antarnya Inti Dasar Capaian Pendidikan (IDCP), National Virtual Career Fair (NVCF) seed of recilience dan booklet pembelajaran daring. Buku-buku tersebut merupakan buah karya dari Ditjen Dikti dan para pemangku kepentingan pendidikan tinggi.

“Intinya bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan juga berupa panduan,” lanjutnya.

BACA JUGA:

Peluncuran Buku IDCP, Buku NVCF dan Booklet Pembelajaran Daring. (Dikti)

Sementara itu, Dirjen Dikti Kemendiknud Nizam memberikan penjelasan mengenai ketiga buku yang diluncurkan itu. Buku IDCP yang merupakan buah pemikiran dan pengalaman serta bagaimana membangun nilai-nilai yang sangat penting bagi dunia pendidikan tinggi di tengah pandemi.

“Ini adalah esensi dari perguruan tinggi, bukan hanya sekedar orang yang pintar tapi juga dengan akhlaknya dia memberi makna pada kehidupannya untuk bisa bangsa dan negara,” kata Nizam.

Kedua adalah buku NVCF Seed of Resilience yang merupakan buah kolaborasi ratusan pusat karir di Indonesia. Buku ini memuat pengalaman penyelenggarakan virtual karir fair di masa pandemi.

“Kalau biasanya career fair lewat tatap muka, maka selama pandemi ini kita raih juga secara virtual, banyak insight yang kita dapat. Ini menunjukkan selalu ada jalan untuk menyelesaikan masalah lewat kreatifitas,” ucap Nizam.

Buku ketiga adalah Booklet Pembelajaran Daring. Buku ini memberikan tips yang dapat diimplementasikan mahasiswa  dalam mengikuti pembelajaran daring.

“Semoga ini bisa jadi reverensi bagi dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan pembelajaran daring,” kata Nizam.

Ketiga buku tersebut dapat diunduh pada laman dikti.kemendikbud.go.id. Nizam berharapkan tiga buku itu dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran di tengah pandemi.

“Kita tidak bisa menggantikan pembelajaran tatap muka langsung, tapi kehadiran teknologi akan memperdalam proses pembelajaran kita kedepan, sehingga pemanfaatan teknologi jadi penguat dari pembelajaran tatap muka,” tutur Nizam.***

Sumber: MEDCOM

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
100 %

error: Dilarang Copy Paste !!
LIVE OFFLINE
track image
Loading...