1 Desember 2020

GERBANG INFORMASI EDUKASI

Kisah Ulama Asal Indonesia Sempat Bikin Geger Arab Saudi

Kisah Ulama Asal Indonesia Sempat Bikin Geger Arab Saudi
1 0

Jasad kakek buyut dari KH Ma’ruf Amin sempat menjadi perbincangan di kota suci Mekkah. Pasalnya, jenazah kyai yang bernama Syekh Nawawi Al-Bantani tersebut menjadi viral lantaran tetap utuh meski sudah dikubur selama tiga tahun.

Tak hanya jasadnya saja yang masih utuh, kain kafan yang digunakan untuk membungkus jasad tersebut juga masih utuh. Sosok Syekh Nawawi Al-Bantani juga merupakan salah satu sosol ulama yang sangat di hormati di Saudi Arabia. Tidak hanya karena ilmunya saja melainkan juga karena karomah kyai tersebut.

Sosok ulama yang juga merupakan guru dari KH Hasyim Asyari atau Mbah Hasyim yang mendirikan Nahdlatul Ulama dan juga KH Ahmad Dahlan yang mendirikan Muhammadiyah ini lahir di Banten dan meninggal di Mekkah.

Tidak hanya di Indonesia saja, Syekh Nawawi Al-Bantani juga sangat dikenal dan dihormati di luar Indonesia. Keluasaan ilmu dan budi pekerti yang luhur membuatnya sering dikunjungi orang yang ingin berguru kepadanya.Garis nasabnya juga mulia karena terhubung dengan satu di antara Wali Songo. Syekh Nawawi Al-Bantani juga merupakan satu di antara keturunan dari Sunan Gunung Jati.

Pemerintah Arab Saudi mempunyai kebijakan bahwa jenazah yang telah dikubur selama beberapa tahun, kuburannya harus digali untuk dipindah. Jika pada umumnya jasad sudah membusuk pada 7 hari, ada yang berbeda dari jasad Syekh Nawawi Al-Bantani.

Walau makamnya sudah genap berusia 3 tahun, ternyata jasad Syekh Nawawi Al-Bantani masih utuh. Seorang petugas dari pemerintah kota Mekkah pun juga sangat terkejut saat menggali kuburnya.

BACA JUGA:

Jika biasanya pihaknya menemukan tulang belulang, justru saat membongkar jasad ulama ini, ia menemukan jenazah yang masih utuh. Uniknya lagi tidak ada yang lecet di tubuh jasad tersebut dan tidak ada tanda-tanda pembusukan.

Mengetahui keajaiban tersebut, pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk tidak memindahkan jenazah Syekh Nawawi Al-Bantani. Mereka kemudian memutuskan untuk menguburkan kembali jasad tersebut.

Sampai dengan saat ini makam beliau masih tetap berada di Ma’la, Mekkah.Syekh Nawawi Al-Jawi Al-Bantani (1813-1898) memiliki nama lengkap Abu Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin Umar bin Arabi al-Jawi al-Bantani.

Jasadnya menjadi perbincangan banyak orang di Saudi Arabia lantaran masih utuh dan tidak membusuk walaupun sudah dikuburkan bertahun-tahun. Akibatnya pemerintah Arab Saudi tidak jadi memindahkan jasad ulama asal Indonesia ini.***

Dirangkum dari berbagai sumber

Radio internet Wartakan.ID yang juga dikenal sebagai web radio, net…

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Site Statistics

  • Users online: 1 
error: Dilarang Copy Paste !!