2 Desember 2020

GERBANG INFORMASI EDUKASI

Palaguna Nusantara, saksi bisu Kejayaan kota Bandung era 80-an

Palaguna Nusantara, saksi bisu Kejayaan kota Bandung era 80-an
Meski gedung eks Palaguna Nusantara tak lagi berdiri di Bandung, namun nama mereka akan selalu menghiasi kenangan masyarakat Bandung pada eranya.
1 0

Bagi warga Bandung dan sekitarnya yang lahir tahun 70-an tentu mengetahui dan menyaksikan langsung bagaimana majunya Kota Bandung dari kehadiran gedung Palaguna Nusantara.

Gedung yang terletak di dekat alun-alun ini termasuk salah satu pusat perbelanjaan yang paling populer, apalagi dengan adanya bioskop Palaguna Nusantara di sana.

Kalau melihat catatan sejarah, sebelum Palaguna, gedung ini bernama Miramar yang menjadi pusat perbelanjaan terkenal di kota Bandung tempo dulu bahkan sebelum masa kemerdekaan.

Perkembangan berikutnya adalah beroperasinya bioskop Elita yang dibangun pada 1908 dan kemudian menjadi primadona penggemar film di Kota Bandung, namun bioskop ini kemudian dibongkar pada 1980-an.

Lahan tersebut kemudian dibangun kembali menjadi pusat perbelanjaan bernama Palaguna Nusantara dengan memiliki dua bioskop baru, yaitu Palaguna dan Nusantara.

Ketika Palaguna Nusantara berganti menjadi Palaguna Plaza, area tersebut menjadi pusat perbelanjaan pertama dan tersohor pada dekade 1980-an di Kota Bandung. Juga merupakan bangunan dengan fasilitas eskalator pertama di tanah pasundan.

Saat itu, gedung eks Palaguna memiliki empat lantai yang difungskan sebagai pusat fesyen, kesenian, kuliner, dan hiburan. Seiring perkembangan bisnis, sejumlah pusat perbelanjaan di area tersebut meredup.

BACA JUGA:

Puncaknya, bioskop Nusantara dan Teater Palaguna yang berhenti beroperasi yang menandakan berakhirnya masa kejayaan Plaza Palaguna. 

Bioskop Palaguna yang masih beroperasi hingga akhir tahun 1990-an dan harus rela kehilangan kemampuannya untuk bersaing dengan bioskop-bioskop modern, akhirnya bioskop ini pun ditutup pada tahun 2011.

Karena secara fisik sudah tidak memadai untuk difungsikan sebagai sarana bisnis maupun pelayanan public maka gedung eks Palaguna Nusantara kini telah dirubuhkan untuk kemudian akan dibangun gedung baru untuk mengembalikan fungsi awal bangunan yakni sebagai kawasan bisnis terpadu.

Eks Gedung Palaguna Nusantara beserta lahannya saat ini.

Area eks-gedung palaguna menjadi lahan yang strategis dan bernilai ekonomi tinggi yang sudah seharusnya dikelola dengan baik untuk meningkatkan sebanyak mungkin kesejahteraan warga Bandung.

Lahan eks Palaguna berada di poros utama jalan kota Bandung, bersebrangan disemua sisi dengan Gedung Merdeka, Alun-alun kota termasuk Mesjid Raya Bandung dan pendopo sebagai rumah dinas wali kota Bandung, belum lagi ditambah area komersial dan perkantoran yang juga berada dalam kawasan ini.

Meski gedung eks Palaguna Nusantara tak lagi berdiri di Bandung, namun nama mereka akan selalu menghiasi kenangan masyarakat Bandung pada eranya.

Kedepan menjadi harapan kita agar pengembangan kawasan strategis Bandung ini oleh pemerintah bisa memberikan dampak positif bagi Bandung dan segenap penduduknya secara luas.***

Radio internet Wartakan.ID yang juga dikenal sebagai web radio, net…

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
100 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Site Statistics

  • Users online: 0 
error: Dilarang Copy Paste !!