Site Statistics

  • Users online: 0 
28 Januari 2021

GERBANG INFORMASI EDUKASI

Tingkatkan Daya Ingat Dengan Minum Coklat Panas

Tingkatkan Daya Ingat Dengan Minum Coklat Panas
Mengapa oksigen penting bagi otak? Mengutip laman Alodokter, oksigen seharusnya didapatkan melalui kegiatan bernapas. Kemudian darah akan mengangkut oksigen dari paru-paru menuju jantung. Setelahnya, jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk otak.
3 0

Tak ada yang menolak bila disajikan minuman cokelat panas. Sensasi yang diberikan cokelat membuat kegembiraan langsung membuncah.

Selain nikmat dan bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, minuman ini ternyata memiliki nutrisi baik untuk kesehatan otak. Bahkan penelitian terbaru menyebutkan bahwa kandungan yang berada di dalam cokelat panas bisa meningkatkan kemampuan ingatan seseorang menjadi lebih baik.

Flavanols merupakan sebuah nutrisi dalam cokelat yang dapat meningkatkan level oksigen di otak. Selain itu, flavanols juga dikaitkan dengan manfaat kognitif. Temuan ini berasal dari sebuah penelitian yang diterbitkan di Scientific Reports.

Seperti dilansir dari laman Insider, peneliti dari Universitas Birmingham dan Universitas Illinois bekerjasama melakukan penelitian sederhana. Mereka mengamati 18 laki-laki dewasa sehat yang telah menyelesaikan dua tes kognitif yang semakin lama semakin sulit. Sebelum diuji, ada peserta yang minum cokelat dengan kandungan flavanols tinggi. Tetapi ada pula yang hanya diberikan minuman plasebo dari kakao olahan tanpa flavanols.

Hasil menunjukkan bahwa partisipan yang meminum cokelat tinggi flavanols memiliki kinerja yang jauh lebih baik pada tes kognitif. Mereka menyelesaikannya rata-rata 11 persen lebih cepat dibandingkan mereka yang hanya meminum plasebo tanpa kandungan flavanols.

BACA JUGA:

otak
Flavanols meningkatkan alirah darah dan jumlah oksigen di otak. (Unsplash/jesse orrico)

Para peneliti juga menemukan bahwa setelah mengonsumsi flavanols, kadar oksigen peserta meningkat. Artinya, flavanols bermanfaat bagi kemampuan kognitif dengan cara meningkatkan aliran darah dan jumlah oksigen di otak.

Mengapa oksigen penting bagi otak? Mengutip laman Alodokter, oksigen seharusnya didapatkan melalui kegiatan bernapas. Kemudian darah akan mengangkut oksigen dari paru-paru menuju jantung. Setelahnya, jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk otak.

Nah kalau oksigen tidak sampai di otak, sel-selnya bisa mati hanya dalam waktu lima menit. Inilah yang disebut sebagai hipoksia. Ketika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, hipoksia bisa merusak bagian otak yang dapat berujung pada koma. Melalui penelitian ini, kamu jadi mengetahui pentingnya kandungan flavanols dalam cokelat untuk kesehatan tubuh kita.

minum
Teh juga mengandung flavanols. (Pexels/Pixabay)

Ini bukan pertama kalinya ilmuwan meneliti manfaat flavanols. Pada 2017 silam, sebuah studi menemukan bahwa flavanols dapat meningkatkan aliran darah di otak yang bermanfaat bagi memori, kecepatan pemrosesan, perhatian, dan kinerja mental secara keseluruhan. Tidak hanya itu, secara umum cokelat juga bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan stroke.

Tidak suka minuman cokelat? Jangan khawatir. Ternyata flavanols juga dapat ditemukan dalam berbagai varian tumbuhan lain. Mulai dari teh, apel, beri, kale, bawang, dan paprika pedas. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa kita bisa mendapatkan asupan flavanols dari anggur atau minuman anggur merah.***

Radio internet Wartakan.ID yang juga dikenal sebagai web radio, net…

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

error: Dilarang Copy Paste !!